Sabtu, 26 Januari 2013

BAB VI PROSES PRODUKSI


SIMPULAN
BAB VI
PROSES PRODUKSI

Desainer harus mampu bekerja dengan berbagai jenis gambar elektronik yang disimpan dalam format yang berbeda. Gambar digital dapat disimpan dalam beberapa cara, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dimana seorang desainer grafis perlu memahami.
Alat dasar dalam proses merancang :
§   Pisau bedah (atas)
Sebuah pisau bedah adalah pisau yang digunakan untuk memotong stok - alat penting untuk penciptaan dummies dan mock-up.
§   Semprotan gunung
Semprot gunung adalah perekat aerosol digunakan untuk obligasi dua atau lebih potongan saham bersama-sama untuk produksi tiruan dan boneka.
§   Lensa pembesar
Digunakan untuk  memeriksa bukti dan transparansi.lensa pembesar fotografer sebesar 8x sedangkan lensa pembesar pada printer sebesar 10x atau 14x.
Ada 2 jenis gambar utama yaitu raster (bitmap) dan vektor (lineart). Sebuah gambar raster terdiri dari piksel dalam grid, di mana setiap pixel berisi informasi warna untuk gambar dan raster memiliki resolusi tetap. Dan gambar vektor berisi objek didefinisikan oleh rumus-rumus matematika bukan piksel. Vektor itu dapat diperbesar kualitas gambar akan tetap tajam dan jelas.
Berikut format gambar utama digital file :
1.        Format : Bitmap
Keuntungan : Gambar dibangun oleh fixed jumlah piksel yang mudah berwarna.
2.    Format : TIFF
Keuntungan : fleksibelcross - platform, Format yang kompatibel mempertahankan kualitas gambar yang tinggi sehingga cocok untuk pencetakan.
3.        Format : JPEG
Keuntungan : 24-bit warna (6,7 juta warna), menggunakan kompresi untuk mengurangi ukuran file.
4.        Format : EPS
Keuntungan : File dapat tinggal, dan terdistorsi warna dipisahkan.
5.        Format : PSD
Keuntungan : berbagai format mendukung semua ketersediaan mode gambar (bitmap, grayscale, duotone, RGB, CMYK, dll).

Warna adalah salah satu tugas utama bahwa desainer grafis bertanggung jawab untuk mencetak proses produksi.
§  Warna ruang
Desainer dapat bekerja dengan sistem ruang warna yang berbeda yang mendefinisikan rona, saturasi dan nilai dari warna dalam desain yang berbeda dan proses pencetakan.
§  RGB / CMYK
Warna yang terdiri merah, hijau dan biru muda ditampilkan sebagai rasio. RGB adalah aditif utama pada ruang warna monitor komputer dan CMYK adalah ruang warna subtraktif primer yang digunakan dalam empat warna proses pencetakan. Merah, hijau dan biru (RGB) adalah aditif yang membentuk cahaya putih, dan digunakan untuk menghasilkan gambar warna pada layar komputer.
§  Primary Subtraktif
Setiap primary subtraktif terbentuk dari dua aditif warna primer. Dimana dua primary menciptakan warna primer aditif.
§  Primary Aditif
Warna aditif primer merupakan komponen cahaya putih.

Warna dapat dijelaskan sesuai dengan fitur-fitur berikut :
§  Hue
Hue mengacu pada karakteristik yang unik dari warna secara visual dapat membedakan satu warna dari yang lain. Warna atau warna yang dibentuk oleh berbagai panjang gelombang cahaya.
§  Saturation
Saturasi atau kroma menggambarkan warna yang cenderung bergerak ke arah atau jauh dari abu-abu.
§  Brightness
Kecerahan mengacu pada cahaya atau warna gelap warna. Perubahan kecerahan dapat dicapai dengan pencampuran warna dengan warna hitam atau putih.

Kalibrasi adalah proses di mana warna ruang monitor atau peralatan lainnya disesuaikan agar setara dengan standar yang diberikan.
§  Sistem Pantone
Sistem Pantone memfasilitasi komunikasi antara desainer dan printer, dan untuk memastikan bahwa spesifik warna yang digunakan dalam desain.
§  Monitor
Sebuah monitor atau layar adalah alat yang digunakan untuk memproduksi gambar dengan menggunakan lampu merah, hijau dan biru.
§  Printer
Perangkat printer yang berbeda menggunakan tinta yang berbeda, yang berarti bahwa dapat mencetak warna yang berbeda tergantung dengan perangkat output. Sebuah inkjet akan menghasilkan hasil enam-warna litostratigrafi.

Design Now Austria
Bagian ini dari pameran Design Now Austria menggunakan overprinting agar proses pewarnaan dapat saling bercampur dengan yang lainnya dan menciptakan kombinasi variasi warna.

Wonderland
Diciptakan oleh Parent Design dengan sebuah foil block finish dan thermographic printing yang mengaugmentasi penampilan. Thermography memberikan sebuah kenaikan permukaan tacticle ketika kertas timah berkilau sewaktu merefleksikan cahaya.

Mark de Weijer
Identitas Mark de Weijer menghadirkan sensasi kejernihan dan tekstur yang merefleksikan sifat dari pekerjaannya.

MAG
Poster format-besar milik studio Mark di Manchester membawa pulang pesan dimana beberapa bagian di dunia sangat mudah untuk melangkah pada sesuatu yang menjijikkan.

Varnish
Sebuah varnish merupakan pelapis tanpa warna yang diaplikasikan pada bagian yang tercetak.
Tipe-tipe Varnish yaitu :
§  Gloss
Varnis gloss merefleksikan belakang cahaya dan sering digunakan untuk meningkatkan penampilan dari fotografi atau elemen grafik lainnya di brosur.
§  Matt (atau dull)
Biasa digunakan dengan halaman-halaman text-heavy untuk mendifusikan cahaya, mengurangi glare dan menambah readability. Menambahkan pada seuatu yang non-glossy, finish halus untuk dicetak pada lembar.
§  Satin (atau silk)
Sebuah pilihan tengah diantara varnish gloss dan matt. Menyediakan beberapa highlight, tetapi tidak sedatar finish matt.

Tabel ukuran kertas
Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa dari sistem ukuran kertas standar yang digunakan di beberapa belahan dunia yang berbeda, seperti Amerika Utara, UK dan Jepang.


Tipe dari persediaan kertas
§  Cetakan Berita
Kertas utamanya dibuat dari kertas berita tanah secara mekanis, komik dan pulp kayu. Memiliki umur yang pendek dibandingkan dengan kertas yang lainnya, tetapi murah untuk diproduksi.
§  Antik
Kertas berkualitas tinggi dengan lapisan tanah liat pada kedua sisi untuk memberikan permukaan cetakan yang baik.
§  Seni
Kertas berkualitas tinggi dengan lapisan tanah liat pada kedua sisinya, memberikan permukaan cetakan yang baik. Berguna untuk halftone dimana definisi dan detil adalah penting.
§  Chromo
Pelapisan yang tahan air pada sisi single yang ditujukan untuk embossing yang baik dan performa varnishing.
§  Cartridge
Kertas putih yang tebal yang biasanya digunakan untuk pensil dan tinta gambar; menambahkan tekstur pada publikasi.

London Kreatif
Yang tergambar adalah identitas visual yang dibuat oleh The Team untuk konsep yang berkembang dari sebuah pertukaran desain internasional dan pusat inovasi di London. Untuk mendapatkan pembelian dari investor-investor, front ganda, cover brosur dua lipatan berjudul ‘Future Thinking’ telah didisain untuk menceritakan dua buah cerita. Pertama, dari ‘masa depan’ dan kedua, perihal ‘pemikiran bisnis’.

Endpaper
Endpaper ini berasal dari sebuah seri dari buku kasus yang terikat oleh Webb & Webb yang secara kreatif menggunakan pola yang diulang menggunakan ilustrasi line-art yang sama yang terlihat pada cover.

            Jadi, Desainer grafis digunakan untuk membuat dan menghasilkan desain yang efektif. Bagian ini juga mencakup informasi dasar tentang cara untuk memastikan bahwa kontrol dipertahankan atas penggunaan gambar dan warna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar