Minggu, 02 Oktober 2011

Pengenalan dan Sejarah Internet

        Lama sudah internet ada di dunia, khususnya Indonesia. Namun masih saja ada masyarakat yang awam tentang keberadaan internet. Mereka masih belum memahami cara kerja dari internet itu sesungguhnya. Bagi saya pribadi, internet dapat diibaratkan sebagai suatu gudang penyimpanan dari milyaran juta ilmu pengetahuan. Itu sebabnya, ketika pikiran saya sedang buntu, saya cukup mencari apa yang saya perlukan di Internet.
     Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.
        Internet adalah kata yang berasal dari Interconnection Networking, yang dapat didefinsikan menjadi “suatu sistem komunikasi yang dapat menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia”. Berbagai jenis komputer dengan masing-masing spesifikasi yang berbeda dapat berhubungan dan berkomunikasi dengan bantuan internet. Untuk dapat mengenali masing-masing komputer yang terhubung dalam jaringan internet, setiap komputer yang diakses oleh pemakai internet memiliki alamat IP (Internet Protocol) yang berbeda-beda (tidak sama).
         Di era sekarang, kita sudah dapat mengakses internet dengan sangat mudah. Entah itu melalui Warnet (Warung Internet), Modem (baik kabel ataupun USB modem), bahkan sekarang hampir semua handphone dari yang murah sampi yang sangat mahal memiliki fitur untuk ber-internet ria.

Sumber : Yonathan Eleazar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar