Rabu, 20 Oktober 2010

Amankah kita ?

          Aman adalah perasaan yang timbul karena bebas dari ancaman, tantangan, hambatan, gangguan. Bila ditanya apakah kita aman,tentu sulit bagi kita untuk menjawabnya. Karena hal ini bersifat tak menentu. Ada orng yang merasa aman bila segala kebutuhan hidupnya terpenuhi. ada juga orang yang merasa aman bila berada bersama orang yang dicintainya. Mungkin sebagian orang aman bersifat "untung untungan". Namun ada juga orag-orang yang berusaha mencari keamanan untuk dirinya, seperti dengan membuat rumah yang sangat kokoh, atau menyewa orang-orang berbadan kekar untuk melindunginya dari orang-orang jahat di sekitarnya (bodyguard).

        Pada hakekatnya rasa aman seseorang tergantung pada cara orang tersebut memandang suatu rasa aman. Hal itulah yang menyebabkan rasa aman orang yang satu berbeda dengan rasa aman yang dirasakan orang lain. Sebagai contoh, pernahkah kita meyakinkan rasa aman kepada seseorang? pastinya sangat sulit. Misalkan kita meyakinkan pada seseorang untuk tidak bepergian dengan menggunakan kereta api. Biasanya apapun alasan yang kita berikan pada orang tersebut akan menjadi sangat sulit untuk diterimanya. Ini dikarenakan orang itu merasa jika ia menaiki sebuah kereta tidak akan terjadi hal-hal yang anda ucapkan padanya. Hal ini wajar saja, karena pengertiannya tentang rasa aman dengan anda adalah berbeda.

        Apabila kita sedang menonton tv, kita melihat ada suatu daerah yang mengalami bencana. Biasanya dalam pikiran kita berkata "untung saya tinggal di daerah yang aman, jadi saya tidak akan mendapat bencana separah itu". Namun jika ditela'ah dengan benar, pemikiran sedemikian rupa adalah salah. Seperti yang kita ketahui, bumi adalah tempat yang penuh misteri dan tiada seorang manusia pun yang dapat mengerti pergerakannya. Hukum alam yang berlaku akan berkuasa selamanya di dunia ini. Dan sebagai orang yang memiliki kepercayaan, sudah sepatutnya kita memasrahkan hidup kita selama di dunia ini pada Sang Pencipta. Karena rasa aman yang sejati adalah pada saat kita ada dalam Hadirat-Nya.

       Masihkah anda merasa aman???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar